Pesugihan Gunung Hejo, Demi Kekayaan Pakai Tumbal Kecelakaan

Pesugihan Gunung Hejo

Banyak cerita berkembang mengenai tempat yang dijadikan lokasi pesugihan. Salah satunya Pesugihan Gunung Hejo. Konon katanya banyak orang dari berbagai daerah datang ke sini untuk meminta kekayaan dan kemakmuran dalam hidup.

Gunung Hejo sendiri terletak cukup jauh dari jangkauan pemukiman masyarakat umum, berada di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Menurut cerita yang berkembang asal mula dinamakan Gunung Hejo karena pernah terjadi kebakaran hutan di area Hejo, hingga meluluhlantahkan semua area tersebut. Saat kejadian hanya Gunung Hejolah yang tidak tersentuh api sedikit pun, akhirnya oleh masyarakat sekitar dinamakan Gunung Hejo (hijau).

Kalau kalian pernah mendengar banyaknya kecelakan di Tol Cipularang ini menjadi salah satu hal yang dikaitkan dengan pesugihan, Tol Cipularang sendiri merupakan area yang masih terdapat di sekitar Gunung Hejo. Konon katanya salah satu tumbal berasal dari kecelakaan yang terjadi di Tol Cipularang.

Sebelumnya orang sekitar percaya bahwa gunung yang terletak di Kecamatan Darangdan tersebut merupakan tempat petilasan atau bertapa Prabu Siliwangi, raja termasyhur di Kerajaan Pajajaran.

Wujud Petilasan sendiri menyerupai makam dengan batu terbungkus kain putih. Di batu itulah konon Prabu Siliwangi sering bertapa.

Berbagai penampakan makhluk gaib pun sering terlihat di sana yang diyakini sebagai salah satu jin yang dipuja saat ritual pesugihan, di antaranya ada yang bernama Dewi Cempaka, Jin Barkola, dan Hanoman.

Orang-orang yang melakukan pesugihan di sana menurut kabar diperintahkan untuk membawa kembang ombo rampe 7 rupa, dupa hio Gunung Kawi, tumpeng beras ketan puncak Manik, Buah-buahan yang komplit, Air Kopi pahit/Air Kopi manis, Bubur Merah/putih, Pisang Mas, Pisang Raja, Ayam bakar Cemani, Sate Burung Gagak, Daging Babi 3 kilo, Tempayang, Air Kendi, Kelapa Muda Hijau, Minyak melati/kenanga, Kepala Kerbau 2 hingga kabing kenit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat